Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi oleh Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Bayan Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2023-2024

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Amelia Parlita
dc.date.accessioned 2024-10-21T07:59:48Z
dc.date.available 2024-10-21T07:59:48Z
dc.date.issued 2024-07-31
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25484
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn concept sentence berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks narasi oleh Siswa kelas VIII SMP IT Al-Bayan Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2023 2024. Penelitian ini menggunakan pendeketan metode penelitian kuantitatif. Desain penelitiannya yaitu desain penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Karena terdapat pretest sebelum diberikan perlakuan, yang selanjutnya diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar, kemudian dilakukan posttest. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka ditetapkan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Al-Bayan Deli Serdang dengan jumlah 22 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP IT Al-Bayan Deli Serdang yang berjumlah 22 siswa. Pada penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling karena semua anggota populasi dipilih menjadi sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Dari hasil penelitian penulis kemampuan menulis teks narasi sebelum menggunkan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar memperoleh nilai rata rata 64,82 dengan nilai tertinggi 83 dan nilai terendah yaitu 50. Sedangkan kemampuan menulis teks narasi sesudah menggunkan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata 80,5 dengan nilai tertinggi 88 dan nilai terendah yaitu 73. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diatas diperoleh thitung sebesar 21,48 selanjutnya harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan 𝛼= 0,05 (5%) pada derajat kebesaran N-1 (22-1= 21) dan diperoleh ttabel sebesar 1,05. Maka hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (2,15>1,05) maka Ha diterima, Ho ditolak. Penelitian ini dinyatakan diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar siswa kelas VIII SMP IT Al-Bayan Deli Serdang Tahun Pembelajaran 20023/2024 en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pengaruh model pembelajaran concept sentence en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi oleh Siswa Kelas VIII SMP IT Al-Bayan Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2023-2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account