dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI
(Somatic,
Visualization,
Intellectualy)
terhadap
kemampuan
menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA
Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI-2 yang berjumlah 36 siswa. Metode
penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk desain One
Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk
mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis dalam bentuk esai.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan
teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic,
Auditory, Visualization, Intellectualy) rata-rata 43,61 termasuk ke dalam kategori
sangat kurang atau gagal. Sedangkan kemampuan menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksplanasi sesudah menggunakan model pembelajaran SAVI
(Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) rata-rata 75,27 termasuk ke dalam
kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 13,24 > 1,666
dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran SAVI
(Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) terhadap kemampuan
menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA
Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. |
en_US |