Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model
Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Penguatan Profil Pelajar
Pancasila. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana
proses pelajaran project based learning (pjbl) di sekolah SMK Tritech
Informatika Medan dan apakah ada pengaruh pada model pembelajaran project
based learning (pjbl) terhadap penguatan profil pelajar Pancasila SMK tritech
informatika medan. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat
kuantitatif. Yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa SMK tritech
informatika medan dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji
realibilitas, uji normalitas, dan menggunakan uji“t”. Berdasarkan perhitungan uji
validitas terdapat 20 soal, setelah melakukan uji validitas tersebut > 0,388 maka
dinyatakan keseluruhan nya valid, uji realibilitas nilai (x) yang diperoleh adalah
0,640 dan nilai (y) yang diperoleh adalah 0,841 maka dinyatakan reliebel, uji
normalitas nilai yang diperoleh adalah 0,197 maka berdistribusi normal. Dan
setelah dilakukan uji “t” Paired Sample Test dengan menggunakan SPSS 26.0
yaitu nilai sig sebesar 0,00, maka sig < 0,05 (0,00 < 0,05).Maka Ha diterima Ho
ditolak. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran Pkn terhadap pengembangan
profil pelajar Pancasila siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project
Based Learning ( PJBL) memiliki pengaruh dari pada sebelum menggunakan
model pembelajaran Project Based Learning ( PJBL)