dc.description.abstract |
Teknologi telah berkembang pesat di berbagai bidang, salah satu bidang yang
tersentuh dampak perkembangan teknologi yakni dunia pendidikan. Perkembangan
teknologi komputer dapat digunakan untuk membantu dalam pembuatan media
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
interaktif berbasis web dengan pendekatan etnomatematika pada materi bangun
ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII SMP yang valid dan efektif serta untuk
mengetahui kelayakan dan respon siswa. Model pengembangan yang digunakan
adalah model 4-D atau 4-P yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu tahap
pendefenisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan
(develop). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Swasta Budi Agung Medan kelas
VIII sebanyak 15 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket
yang terdiri dari angket penilaian ahli materi, angket penilaian ahli media, dan
angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran
interaktif berbasis web dengan pendekatan etnomatematika yang telah
dikembangkan mendapat presentase penilaian sebesar 93% dari validator ahli
media dengan kriteria sangat valid dan presentase penilaian dari ahli materi sebesar
87% dengan kriteria sangat bagus atau sangat valid. Sedangkan menurut respon
siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 86% dengan kriteria sangat menarik. |
en_US |