dc.contributor.author | SYAHPUTRA, MHD ALI INDRA | |
dc.date.accessioned | 2024-10-11T02:20:40Z | |
dc.date.available | 2024-10-11T02:20:40Z | |
dc.date.issued | 2024-08-23 | |
dc.identifier.uri | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25363 | |
dc.description.abstract | Bahan bakar merupakan komponen yang sangat penting bagi suatu transportasi. Salah satunya adalah operasional kapal yang menggunakan bahan bakar (fuel oil). Kapal laut salah satu transportasi air yang memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan manusia, salah satunya sebagai kendaraan buat manusia maupun sebagai alat transportasi untuk mengantar barang. Oleh karena itu kapal laut bisa berjalan menggunakan mesin induk (main engine) yang disuplai menggunakan bahan bakar (fuel oil) dengan fungsi sebagai tenaga penggerak mesin induk tersebut. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk tetap menjaga kriteria operasi bahan bakar agar sesuai yang dibutuhkan oleh mesin induk (main engine). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, karena penulis akan mengkaji makna pada sistem ini termasuk interaksi secara langsung terhadap mereka yang memahami secara lebih komperhensif. Hasil atau kesimpulan dari sistem yang dibuat oleh penulis adalah untuk menjaga temperature pada bahan bakar agar tetap sesuai dengan settingan viscosity/kekentalan bahan bakar yang diinginkan secara otomatis. Sistem ini menggunakan pemanas/heater dan sensor suhu pada tangki penyimpanan bahan bakar untuk disalurkan ke mesin induk. Dan sistem ini juga dapat dioperasikan baik saat kapal dalam keadaan idle maupun dalam kondisi berlayar | en_US |
dc.subject | Bahan bakar | en_US |
dc.subject | Pengatur Suhu | en_US |
dc.subject | Sensor Suhu | en_US |
dc.title | SISTEM AUTOMATIC TEMPERATURE CONTROL HEAVY FUEL OIL (HFO) MAIN ENGINE PADA KAPAL TANKER | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |