Research Repository

PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 064964 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author Vani, Fadila Sari
dc.date.accessioned 2024-10-09T03:11:51Z
dc.date.available 2024-10-09T03:11:51Z
dc.date.issued 2024-08-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25336
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar siswa, yaitu metode pembelajaran belum bervariasi karena masih didominasi dengan metode ceramah yang berpusat pada guru sehingga menimbulkan rasa bosan atau jenuh pada siswa dan tingkat berpikir kritis siswa selama kegiatan pembelajaran IPA masih terhitung rendah terkhusus pada pembelajaran ciri-ciri makhluk hidup. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu bagaimana pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 064964 Medan yang berjumlah 30 orang Siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu Lembar Soal Kemampuan Berpikir kritis Siswa yang berjumlah 15 soal berbentuk pilihan berganda yang sudah diuji validitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dikelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 69,87 dan rata-rata di kelas eksperimen sebesar 82,87 dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning. Dilihat dari hasil output “Independent Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,008 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. en_US
dc.subject Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 064964 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account