Abstract:
Main bearing atau metal duduk adalah sumbu beban pada poros utama mesin,
dimana komponen tersebut komponen vital dan berfungsi sebagai tumpuan
crankshaft berputar dan menghasilkan tenaga mekanis untuk diteruskan pada
baling- baling propeler dimana menjadi tenaga utama pada sebuah kapal untuk
beroperasi. PT. Waruna Shipyard Indonesia adalah perusahaan yang bergerak
dibidang ship repair atau perbaikan pada kapal yang terletak dijalan Bagan Deli
Medan Belawan Sumatera Utara. Perbaikan pada mesin merupakan sebuah tujuan
yang ingin dicapai untuk menunjang performa pada mesin, dimana apabila kapal
mengalami kerusakan pada mesin dapat mengakibatkan kerugian akibat tertunda
nya operasi pada kapal. Terutama pada kerusakan pada komponen main bearing
pada main engine atau penggerak utama pada kapal. Tujuan dalam penelitian ini
untuk menentukan akar penyebab dari kerusakan main bearing yang mengalami
perubahan bentuk dan warna pada mesin utama. Metode yang dilakukan dalam
penelitian ini visual inspeksi dan melepas komponen engine. Hasil dan
pembahasan dari penelitian didapat perubahan bentuk dan warna pada main
bearing, berawal dari material main bearing (berputar) spalling, sehingga
bergesekan dengan main journal. Gesekan yang terjadi mengakibatkan perubahan
bentuk pada main bearing dan mengakibatkan main bearing berputar dan terjadi
pembebanan yang membuat bearing terjadi penipisan, main bearing yang
berputar dan menutup suplai pelumasan oli ke main bearing.setelah dilaksankan
deflection dan pergantian pada metal yang mengalami keausan maka dilakukan
deflection menunjukkan perubahan pada kondisi sebelum perbaikan. Berdasarkan
analisis, penyebab dari adhesive wear dan abrasive wear pada Main Bearing
adalah misalignment deflection crankshaft, Perawatan, dan Running hours pada
bearing.