Abstract:
Melia Shafira Siregar. 2002030021. “Pengembangan Media Pembelajaran
Matematika Interaktif Materi Aritmatika Sosial Dengan Pendekatan
Konstektual Berbasis Adobe Flash”.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk
berupa Media Pembelajaran Matematika menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Materi
Aritmatika Sosial Kelas VII. Peneliti menggunakan model 4D (Four D models). Model
4D memiliki 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design),
pengembangan (develop) dan penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan
adalah (1) angket evaluasi ahli media, (2) angket evaluasi ahli materi, dan (3) angket
respon siswa. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 23 peserta didik kelas VII
Smp Muhammadiyah 57 Medan. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media
pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash CS6 pada materi Aritmatika
Sosial (2) Kualitas media pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan media
pembelajaran dari aspek ahli materi sebesar 4,3 dan 4,8. Perolehan rata-rata hasil
validasi Materi dari ahli kedua masing-masing sebesar 4,5 kategori Sangat Baik.
Perolehan rata-rata hasil validasi Media dari ahli sebesar 4,7 kategori sangat baik, dan
uji coba peserta didik sebesar 3,9 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil
tersebut maka media pembelajaran Mtematika menggunakan Adobe Flash CS6 pada
materi Aritmatika Sosial yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai referensi
bahan ajar dalam proses pembelajaran.