Research Repository

ANALISIS ISI TINDAKAN KEKERASAN PADA WEBTOON WEAK HERO CLASS MENGGUNAKAN TEORI CHARLES SANDERS PEIRCE

Show simple item record

dc.contributor.author SANYA, MARCELLA CHAN
dc.date.accessioned 2024-09-28T08:13:27Z
dc.date.available 2024-09-28T08:13:27Z
dc.date.issued 2024-08-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25217
dc.description.abstract Perkembangan teknologi yang pesat telah menjadi tantangan bagi industri film untuk beradaptasi. Serial yang ditayangkan dalam platform internet dengan judul Weak Hero class merupakan adaptasi dari sebuah Webtoon Korea Selatan Weak Hero dengan mengangkat tema kekerasan di sekolah. Penelitian ini berfokus pada jenis tindakan kekerasan yang menghasilkan makna dan nilai-nilai dalam serial Weak Hero Class. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Charless Sanders Peirce dengan segitiga makna yaitu tanda, objek, interpretant. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi dengan cara mengamati setiap adegan yang ada pada setiap scene. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa serial ini tidak disarankan untuk anak di bawah umur 18 tahun karena banyaknya kekerasan, terdapat 12 scene yang menunjukkan kekerasan pada episode 1, sedangkan pada episode 8 terdapat 7 kekerasan. Kedua episode ini memiliki jenis kekerasan secara verbal berupa umpatan, dan kekerasan non-verbal berupa mencekik leher, memukul, melempar sepatu, dan menusukkan pena, serta kekerasan menyakiti diri sendiri (self harm) dengan cara menampar diri sendiri dan memukul kaca jendela, tindakan tersebut dipengaruhi oleh dampak psikologis yang mengakibatkan emosi yang tidak stabil. en_US
dc.subject Webtoon en_US
dc.subject Serial, en_US
dc.subject Platform_Digital, en_US
dc.subject Kekerasan, en_US
dc.subject Semiotika_Charles_Sanders_Peirce. en_US
dc.title ANALISIS ISI TINDAKAN KEKERASAN PADA WEBTOON WEAK HERO CLASS MENGGUNAKAN TEORI CHARLES SANDERS PEIRCE en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account