Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran
interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi trigonometri. Selain itu, untuk
mengetahui kelayakan terhadap media pembelajaran interaktif berbasis articulate
storyline 3 pada materi trigonometri, serta untuk mengetahui respon peserta didik
terhadap media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi
trigonometri. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah
model pengembangan ADDIE. Penelitian ini meliputi dari langkah-langkah
Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan). Kelayakan
media pembelajaran melalui instrumen subjek penelitian yaitu hasil validasi ahli
media, ahli materi, dan objek penelitian yaitu peserta didik. Peneliti membatasi uji
coba angket penilaian dalam skala kecil dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil
analisis data dalam penelitian ini memperoleh nilai sebesar 91,25% ahli media
menyatakan sangat layak, 96,25% ahli materi menyatakan sangat layak, 91%
peserta didik menyatakan respon positif yaitu tertarik artinya pengembanga media
pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 ini sangat layak menjadi
media pembelajaran.