Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah assemblr edu berpengaruh
terhadap meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika Materi
Bangun Ruang Sisi Datar SMP Swasta Budi Agung Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Budi Agung Medan Tahun
Pelajaran 2024/2025. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 berjumlah
30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-2 berjumlah 31 siswa sebagai kelas
eksperimen. Pada kelas kontrol menggunakan model konvensional sedangkan pada
kelas eksperimen menggunakan aplikasi assemblr edu. Berdasarkan dari uji
hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.
Maka dari itu diperoleh keputusan tolak H0 dengan kesimpulan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan pada data pre-test dan post-test kemampuan pemahaman
siswa pada kelas kontrol. Hal ini berarti bahwa pada kelas kontrol mampu
memberikan pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan kemampuan
pemahaman siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil uji koefisien
determinasi diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,257 (25,7%), ini
menunjukkan bahwa dengan menggunakan model regresi yang didapatkan dimana
variabel independent yaitu aplikasi assemblr edu memiliki pengaruh terhadap
variabel dependen kemampuan pemahaman konsep sebesar 25,7%. Artinya
koefisien determinasi variabel bebas (X) memiliki pengaruh terhadap variabel
terikat (Y).