Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25122
Title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENARA HANOI MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN ARITMATIKA GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN
Authors: WINDA, SARI
Keywords: Menara Hanoi;Keaktifan Siswa;Media Pembelajaran Matematika
Issue Date: 21-Aug-2024
Abstract: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran menara hanoi yang dilakukan di SMA N 01 Tigabinanga. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi atau mengetahui hasil dari pengembangan media pembelajaran Matematika Menara Hanoi, untuk mengevaluasi atau mengetahui kelayakan media pembelajaran Matematika Menara Hanoi serta untuk melihat tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika menggunakan media pembelajaran Menara Hanoi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi yaitu hanya sampai tahap pengembangan (Development) saja. Hasil dari penelitian ini adalah validasi kelayakan media mendapatkan persentase 77% dengan kriteria layak, validasi kelayakan materi mendapatkan persentase 86% dengan kategori sangat layak, sehingga didapatkan persentase total yaitu 81,5% dengan kriteria sangat layak. Tingkat kepraktisan dari hasil respon siswa mendapatkan persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan tingkat keaktifan siswa sebelum menggunakan media mendaptkan persentase sebesar 66,25% dan sesudah menggunakan media mendapatkan persentase sebesar 93,75% dengan kriteria sangat tinggi. Terjadi peningkatan keaktifan siswa sebesar 27,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menara hanoi matematika materi pola bilangan aritmatika sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran
URI: https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25122
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Winda Sari (2002030039) lengkap.pdfFull text7.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.