Research Repository

Perbedaan Pendekatan Konstruktivis Dan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Smp Muhammadiyah 01 Medan T.P 20192020

Show simple item record

dc.contributor.author Alvira, Lairani Dwi
dc.date.accessioned 2020-02-29T07:06:41Z
dc.date.available 2020-02-29T07:06:41Z
dc.date.issued 2019-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/249
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara Pendekatan Konstruktivis dengan Pendekatan Matematika Realistik terhadap kemampuan berpikir logis pada siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII T3 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII T4 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata pretest dikelas eksperimen I adalah 47,86 dan nilai ratarata posttest adalah 83,57 hal itu menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa lebih baik setelah diterapkan pendekatan konstruktivis saat proses pembelajaran. Sedangkan pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 46,86 dan rata-rata posttest sebesar 78,71 hal itu menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa lebih baik setelah diterapkan pendekatan matematika realistik saat proses pembelajaran. Selanjutnya dilakukan uji t menggunakan uji independen sample t-test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan diantara dua pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dan diperoleh nilai thitung sebesar 1,6526 dan nilai ttabel = 1,995. Berdasarkan kriteria pengujian dua pihak nilai thitung terletak diantara -1,995 dan 1,995 (-1,995 < 1,6526 < 1,995), maka H0 diterima dan Ha ditolak artinya dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan antara pendekatan konstruktivis dan pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir logis siswa dalam pembelajaran matematika materi himpunan di SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2019/2020. en_US
dc.subject Pendekatan Konstruktivis en_US
dc.subject Pendekatan Matematika Realistik en_US
dc.title Perbedaan Pendekatan Konstruktivis Dan Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Smp Muhammadiyah 01 Medan T.P 20192020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account