Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa media
permainan tradisional gobak sodor berbasis etnomatematika yang memuat materi
bangun datar dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. Jenis penelitian ini
adalah penelitian dan pengembangan R&D (Reseach and Deploment) dengan
model prosedural dari Bord and Gall yang dikemukakan oleh Sugiyono yang terdiri
dari 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,
validasi produk, revisi validasi, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian,
revisi pemakaian, dan produksi masal, namun pada penelitian ini hanya sampai
pada pada langkah uji coba produk. Untuk menguji kelayakan media pembelajaran
ini, maka dilakukaan uji coba validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi,
ahli media, dan ahli pendidikan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-1
SMP Negeri 3 Laut Tador dengan jumlah 24 siswa. Hasil validasi produk
mendapatkan kriteria valid dengan nilai dari ahli materi 92,5%, ahli media 80,77%,
ahli pendidikan 87,5%. Hasil persentase tersebut dikatagorikan “valid” sehingga
media dapat di uji cobakan. sedangkan dari persentase respon siswa mendapatkan
rata-rata skor sebesar 88,65% masuk dalam katagori “Sangat Setuju” dan dapat
diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran permainan tradisional gobak sodor berbasis etnomatematika ini layak
digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu 83,12% siswa
memperoleh nilai ≥ 75 dengan rata-rata keseluruhan siswa mencapai nilai 82,70%.