Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS MEDIA WATTPAD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author ANTAMI, FENY RIZKA
dc.date.accessioned 2024-07-11T08:34:44Z
dc.date.available 2024-07-11T08:34:44Z
dc.date.issued 2023-10-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24724
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning berbasis media Wattpad pada siswa kelas XI SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI – BDP 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 orang dan kelas XI-OTKP 2 sebagai kelas control yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian menggunakan tes dengan teknik analisis data mengunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (paired sample t-test dan idependent sample t-test). Dari hasil data analisis uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test didapat nilai Sig. (2-tailed) :0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Self Directed Learning berbasis media Wattpad terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Self Directed Learning en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Cerpen en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS MEDIA WATTPAD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account