dc.contributor.author |
ANTAMI, FENY RIZKA |
|
dc.date.accessioned |
2024-07-11T08:34:44Z |
|
dc.date.available |
2024-07-11T08:34:44Z |
|
dc.date.issued |
2023-10-23 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24724 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis cerpen dengan
menggunakan model pembelajaran Self Directed Learning berbasis media Wattpad
pada siswa kelas XI SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Adapun
teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan random
sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI – BDP 1 sebagai kelas
eksperimen berjumlah 28 orang dan kelas XI-OTKP 2 sebagai kelas control yang
berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian menggunakan tes
dengan teknik analisis data mengunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji
hipotesis (paired sample t-test dan idependent sample t-test). Dari hasil data analisis
uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test didapat nilai Sig. (2-tailed)
:0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Self Directed Learning
berbasis media Wattpad terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI
SMK Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Self Directed Learning |
en_US |
dc.subject |
Keterampilan Menulis Cerpen |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS MEDIA WATTPAD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |