dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi siswa untuk lebih giat belajar dan
pembelajaran yang kurang variatif dalam proses belajar mengajar sehingga siswa kurang
mampu untuk berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan perangkat pembelajaran yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) dan Bahan Ajar yang menerapkan model pembelajaran PACE pada materi vektor
untuk siswa SMA kelas X semester genap. Penelitian ini juga bertujuan untuk kualitas produk
ditinjau dari aspek kevalidan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang
mengacu model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D. 4-D adalah metode
penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan
produk tersebut. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran materi vektor
dengan model pembelajaran PACE untuk siswa SMA kelas X. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan
perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP dan
Bahan Ajar dengan model pembelajaran PACE untuk siswa SMA Kelas X. (1) Berdasarkan
hasil validasi RPP, diperoleh skor akhir 4,5 dengan kriteria “Baik”. (2) Berdasarkan hasil
validasi Bahan Ajar, diperoleh skor akhir 4,50 denga kriteria “Baik”. (3) Berdasarkan hasil
analisis nilai tes hasil belajar, dipeoleh presentase 86,67% dengan kriteria “Tuntas” sehingga
perangkat pembelajaran dapat dikatakan valid. |
en_US |