Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Student Fasilitatory And Explaining Berbantuan Buku Antologi Puisi terhadap Kemampuan Musikalisasi Puisi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Show simple item record

dc.contributor.author Adha, Nadya
dc.date.accessioned 2024-07-10T11:31:16Z
dc.date.available 2024-07-10T11:31:16Z
dc.date.issued 2024-05-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24696
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran student fasilitatory and explaining berbantuan buku antologi puisi terhadap kemampuan musikalisasi puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Jenis metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X sebanyak 3 kelas yang berjumlah 106. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas ekperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan esai yang menguraikan isi makna dari puisi yang di musikalisasi oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan musikalisasi puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2022/2023 dengan model pembelajaran student fasilitatory and explaining berbantuan buku antologi puisi berada pada kategori sangat baik karena memperoleh rata-rata 81,91 sedangkan, kemampuan musikalisasi puisi dengan metode konvensional berada pada kategori kurang baik karena memperoleh rata-rata 62,85. Berdasarkan uji hipotesis di peroleh uji β€œt” dengan hasil pengujian pada taraf =0,5 maka diperoleh 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 5,956 >1,667. Karena nilai 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , maka disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran student fasilitatory and explaining berbantuan buku antologi puisi terhadap kemampuan musikalisasi puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Dengan demikian hipotesis alternative (Ha) terbukti kebenarannya dan diterima. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Student Fasilitatory en_US
dc.subject Explaining en_US
dc.subject Antologi puisi en_US
dc.subject Musikalisasi Puisi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Student Fasilitatory And Explaining Berbantuan Buku Antologi Puisi terhadap Kemampuan Musikalisasi Puisi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account