Research Repository

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK PAB 2 HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author MILENIA, ASTRID AUDRY
dc.date.accessioned 2024-07-08T01:54:12Z
dc.date.available 2024-07-08T01:54:12Z
dc.date.issued 2024-02-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24608
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK PAB 2 Helvetia yang terdiri dari enam kelas yaitu kelas X MPLB-1, X MPLB-2, X AKL, X PPLG 1, X- PPLG- yang berjumlah 160 siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas X MPLB-2 yang berjumlah 40 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas X MPLB-1 yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 80,31 yang berada pada kategori sangat baik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan rincian siswa memperoleh nilai 80-100 sebanyak 26 orang (65%), dan yang siswa memperoleh nilai 66-79 sebanyak 14 orang (35%) oleh siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata sebesar 60,15 berada pada kategori cukup yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan rincian nilai 80-100 sebanyak 7 orang (17,5%), nilai 66-79 sebanyak 5 orang (12%), siswa yang memperoleh nilai 56-65 sebanyak 12 orang (30%), dan siswa yang memperolah nilai 40-55 sebanyak 9 orang (22,5%) siswa memperoleh nilai 30-39 kategori kurang sebanyak 6 0rang (15%) oleh siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh = 8,06 selanjutnya harga ini dibandingkan dengan taraf signifikan α= 5 % dengan Db= + -2 = 78 maka diperoleh = 1,664. Demikian dapat diketahui yaitu 8,06 1,664 maka diterima dengan hipotesis ada pengaruh Project Based Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia tahun pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject pembelajaran Project Based Learning en_US
dc.subject Menulis Teks Negosiasi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK PAB 2 HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account