dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X
SMK PAB 2 Helvetia tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh kelas X SMK PAB 2 Helvetia yang terdiri dari enam kelas yaitu
kelas X MPLB-1, X MPLB-2, X AKL, X PPLG 1, X- PPLG- yang berjumlah 160
siswa dengan kelas eksperimen yaitu kelas X MPLB-2 yang berjumlah 40 siswa
dan kelas kontrol yaitu kelas X MPLB-1 yang berjumlah 40 siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain postest
only control design dengan instrumen tes esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh
rata-rata nilai sebesar 80,31 yang berada pada kategori sangat baik dengan
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan rincian siswa
memperoleh nilai 80-100 sebanyak 26 orang (65%), dan yang siswa memperoleh
nilai 66-79 sebanyak 14 orang (35%) oleh siswa kelas eksperimen. Nilai rata-rata
sebesar 60,15 berada pada kategori cukup yang diajarkan tanpa menggunakan
model pembelajaran Project Based Learning dengan rincian nilai 80-100
sebanyak 7 orang (17,5%), nilai 66-79 sebanyak 5 orang (12%), siswa yang
memperoleh nilai 56-65 sebanyak 12 orang (30%), dan siswa yang memperolah
nilai 40-55 sebanyak 9 orang (22,5%) siswa memperoleh nilai 30-39 kategori
kurang sebanyak 6 0rang (15%) oleh siswa kelas kontrol. Hasil uji hipotesis
diperoleh = 8,06 selanjutnya harga ini dibandingkan dengan taraf signifikan α= 5
% dengan Db= + -2 = 78 maka diperoleh = 1,664. Demikian dapat diketahui
yaitu 8,06 1,664 maka diterima dengan hipotesis ada pengaruh Project Based
Learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK
PAB 2 Helvetia tahun pembelajaran 2022/2023. |
en_US |