dc.contributor.author |
LATIFAH, NURUL |
|
dc.date.accessioned |
2024-07-01T08:32:29Z |
|
dc.date.available |
2024-07-01T08:32:29Z |
|
dc.date.issued |
2023-11-27 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24404 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Scramble terhadap kemampuan menulis informasi buku fiksi siswa kelas VIII
SMP Swasta Al-Hikmah Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Al-Hikmah Medan.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 dan VIII-7 yang berjumlah 79
siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain
postest only control design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk
mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian
kemampuan siswa menulis informasi buku fiksi dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional rata-rata 65,20 termasuk ke dalam kategori cukup.
Sedangkan kemampuan siswa menulis informasi buku fiksi dengan menggunakan
model pembelajaran Scramble rata-rata 78,62 termasuk ke dalam kategori baik.
Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 5,16 > 1,664 dengan ini
hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap
kemampuan menulis informasi buku fiksi siswa kelas VIII SMP Swasta Al Hikmah Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Scramble |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Menulis Informasi Buku Fiksi |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS INFORMASI BUKU FIKSI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA AL-HIKMAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |