dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan bertujuan Untuk mengetahui bagaimana minat belajar
peserta dan mengetahui penerapan metode diskusi dengan pendekatan
talking stick dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran
pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan pada
materi Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai
Bhinneka Tunggal Ika. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar
observasi dan tes wawancara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII
T
5
SMP Muhammadyiah 01 Medan yang berjumlah 30 orang peserta didik yang
memiliki minat belajar dan yang tidak memiliki minat belajar. minat belajar
peserta didik pada siklus I masih tergolong rendah siklus I dimana peserta didik
dengan kategori Sangat Berminat (SB) sebanyak 2 orang pada kategori Berminat
(B) sebanyak 11 orang pada kategori Kurang Berminat (KB) sebanyak 13 orang
pada kategori Tidak Berminat (TB) sebanyak 4 orang. Dan minat belajar peserta
didik meningkat pada siklu II dengan kategori Sangat Berminat (SB) sebanyak 6
orang pada kategori Berminat (B) sebanyak 13 orang pada kategori Kurang
Berminat (KB) sebanyak 11 orang. Dan pada kategori Tidak Berminat (TB) tidak
ada. Dimana penerapan metode diskusi dengan pendekatan Talking Stick dapat
meningkatkan minat belajar peserta didik di SMP Muhammadiyah 01 Medan T.A
2017/2018 |
en_US |