dc.description.abstract |
Permasalahan penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Komunikasi
Interpersonal Dalam Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs.
Islamiyah Sunggal Tahun Pembelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini
adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dalam
Keluarga terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTs. Islamiyah Sunggal
Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi yang digunakan pada penelitian
ini adalah kelas IX di MTs. Islamiyah Sunggal Medan yang terdiri dari 4
kelas dengan jumlah 129 orang siswa, Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling yaitu kelas yang
menjadi sampel yang diteliti adalah seluruh kelas IX yaitu 4 kelas sebanyak
25 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket tertutup. Yang
mana angket ini melakukan pengamatan di MTs. Islamiyah Sunggal Medan
serta angket Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Terhadap
Motivasi Belajar Siswa. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan
motivasi belajar siswa dengan komunikasi interpersonal dalam keluarga
dengan penelitian yang dilakukan, maka ditemukan bahwa komunikasi
interpersonal dalam kelurga sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar
siswa . Ini terbukti dengan dengan nilai koefisien korelasi rℎitung = 1,090.
Dari table r Product Moment untuk N= 25 diperoleh = 0,396. Jadi, karena
(1,090) > (0,396) maka korelasi Sangat Kuat. Dari hasil perhitungan
hipotesis diperoleh tℎitung = 12,054 sebesar taraf signifikan α =0,05 dan dk =
n – 2 = 25 – 2 =23, maka peroleh harga =1,714. Diperoleh tℎitung 12,054
> 1,714. ini berarti Ha diterima artinya ada nya pengaruh yang signifikan
antara pengaruh komunikasi interpersonal dalam keluarga terhadap
motivasi belajar siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh komunikasi interpersonal dalam keluarga terhadap motivasi
belajar siswadi MTs. Islamiyah Sunggal Medan Tahun Pelajaran
2017/2018. |
en_US |