dc.description.abstract |
Membuat peserta didik berkarakter adalah tugas pendidikan, yang esensinya adalah
membangun manusia seutuhnya, yaitu manusia yang berkarakter. Pendidikan ramah anak
yang di implementasikan disekolah secara langsung maupun tidak langsung akan membentuk
karakter siswa. Pendidikan karakter tidak saja merupakan tuntutan undang-undang dan
peraturan pemerintah, tetapi juga oleh agama. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana pelaksanaan program ramah anak di SMP Negeri 1 Batang Kuis dan
untuk mengetahui efektif atau tidak program ramah anak dalam pembentukan karakter siswa
di SMP Negeri 1 Batang Kuis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode dokumentasi, angket dan wawancara. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskritif kualitatif yaitu merangkum sejumlah data besar yang
masih mentah menjadi suatu informasi yang dapat di interprestasikan. Hasil penelitian
menunjukan pelaksanaan program ramah anak didasarkan pada beberapa prinsip yaitu
nondiskriminasi, hak anak, kepentingan terbaik bagi anak, kelangsungan hidup dan
perkembangan anak, serta pengembangan yang baik bagi anak. Pembentukan karakter
melalui program ramah anak dapat dikatakan efektif karena antara program ramah anak dan
pembentukan karakter memiliki hubungan korelasi yang didasarkan dari data yang diperoleh
dari jawaban responden sekitar 87,7 % responden menjawab sangat setuju dari pertanyaan
yang diberikan oleh peneliti melalu sebaran angket. |
en_US |