dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui game online kelas XI SMK Negeri 1
Simpang Kanan Tahun Pembelajaran 2017/2018, Motivasi belajar siswa kelas X
SMK Negeri 1 Simpang Kanan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Permasalahan
dalam penelitian ini bagaimana game online mempengaruhi sisiwa kelas XI SMK
Negeri 1 Simpang Kanan dan apakah ada pengaruh game online terhadap motivasi
belajar siswa di SMK Negeri 1 Simpang Kanan. Model penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Simpang
Kanan Kabupaten Aceh Singkil. Ada pun populasi dalam penelitian ini adalah
kelas XI SMK Negeri 1 Simpang Kanan yang berjumlah 40 siswa, maka sampel
di ambil dari seluruh populasi yaitu 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi dan angket, dimana angket yang berisi 20 item
pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan rumus kolerasi product moment dengan hasil koefisien korelasi antara
game online dengan motivasi belajar (Rxy) 0,5 dan alpha 0,05 dimana berarti Ha
diterima, ini menunjukan bahwa ada pengaruh antara game online terhadap
motivasi belajar siswa berkorelasi signifikan pada taraf nyata 5%. Kemudian diuji
keberartianya dengan menggunakan rumus uji “t”. Diperoleh thitung 3,56 dan ttabel
1,684 dengan alpha 0,05. Hubungan antara game online terhadap motivasi belajar
siswa sebesar 25% dan sisanya diduga dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang
ikut berkontribusi terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Simpang
Kanan yang tidak diteliti dalam penelitian ini. |
en_US |