Research Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smk Muhammadiyah 06

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammad, Mar I
dc.date.accessioned 2020-02-29T06:58:16Z
dc.date.available 2020-02-29T06:58:16Z
dc.date.issued 2019-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/239
dc.description.abstract umusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pengembangan media pembelajaran 4-D berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 06 Medan pada materi Barisan dan Deret ?. (2) Apakah pembelajaran berbasis mobile learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 06 Medan pada materi Barisan dan Deret ?. Penelitian ini bertujuan : (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning sebagai sumber belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 06 Medan pada materi Barisan dan Deret. (2) Mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis mobile learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 06 Medan pada materi Barisan dan Deret. Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada materi barisan dan deret kelas XI SMK telah dilaksanakan dan dinyatakan valid oleh 2 validator dan 1 guru bidang studi, nilai yang diberikan ke3 penilai yaitu 3,6. Penilaian peningkatan kemampuan koognitif siswa menggunakan pretest dan posttest diperoleh 4 siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar Sedang (baik) dengan persentase 26,6%, dan 11 siswa mengalami peningkatan hasil belajar yang tinggi dengan persentase 73,3 % % dengan total 15 siswa. Dan juga diperoleh nilai pretest terendah yaitu 25 dan nilai tertinggi 43 serta nilai posttest terendah 61 dan nilai tertinggi dalam posstest adalah 93, dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Sehingga setelah dilakukan pengembangan media pembelajaran 14 siswa mengalami ketuntasan hasil belajar dengan persentase 93 % dan 1 siswa tidak tuntas dengan persentase 7 %. en_US
dc.subject Mobile Learning en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smk Muhammadiyah 06 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account