dc.description.abstract |
Rumusan Masalah Penelitian ini sebagai berikut : Bagaiamana Penerapan
Model Pembelajaran Penilaian Portofolio dalam proses pembelajaran PKn di
Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Apakah penggunaan penilaian
portofolio dapat meninggkatkan hasil belajar PKn di Kelas VII SMP
Muhammadiyah 57 Medan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen
penelitian Tes yang berbentuk (essay test) dan observasi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn siswa Kelas VII SMP
Muhammadiyah 57 Medan. Melalui penggunaan penilaian portofolio. Adapun
sabjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah
57 Medan. Yang terdiri dari dua Kelas berjumlah 47 siswa. Yang menjadi objek
dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan.
Yang terdiri satu kelas berjumlah 21 siswa.
Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa . penerapan Model
Pembelajaran Penilaian Portofolio ternyata dapat meningkatakan hasil belajar
PKn siswa penguasaan pada materi pembelajaran meningkat. Hal ini ditunjukan
dengan tingkat ketuntasan evaluasi siswa sebelum menggunakan penilaian
portofolio dari 19,05% pada siklus I meningkatkan menjadi 71,43% kemudian
pada siklus II peningkatan yang Sangat memuaskan menjadi 90,48%. |
en_US |