Research Repository

Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Akibat Cacat Barang Produksi Menurut Undang-Undang Nomor. 8 Tahun 1999

Show simple item record

dc.contributor.author Pasaribu, Nursalina Suhemi
dc.date.accessioned 2020-03-11T01:16:59Z
dc.date.available 2020-03-11T01:16:59Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2397
dc.description.abstract Produk cacat tentu saja jauh dibawah standar dan cenderung merugikan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan konsumen dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 apabila barang yang beli adalah cacat dan untuk untuk mengetahui bagaimana prosedur dalam mengajukan gugatan terhadap sengketa konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif berkaitan dengan pengumpulan data dan identifikasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Objek penelitian ini adalah Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Instrumen penelitian ini yaitu studi dokumentasi, studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya perlindungan terhadap konsumen dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 dalam pasal 2 konsumen mendapatkan manfaat, keadilan, keseimbangan, keamanan dan keselamatan konsumen, serta kepastian hukum. Prosedur konsumen dalam mengajukan sengketa konsumen sesuai dengan pasal 19 ayat (1) dan (2) Undang-undang Perlindungan terhadap Konsumen. en_US
dc.subject Perlindungan hukum, Konsumen en_US
dc.subject Cacat barang produksi en_US
dc.title Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Akibat Cacat Barang Produksi Menurut Undang-Undang Nomor. 8 Tahun 1999 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account