Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Fabel oleh Siswa Kelas VII SMP PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author Sabrina, Laila
dc.date.accessioned 2024-06-21T08:24:10Z
dc.date.available 2024-06-21T08:24:10Z
dc.date.issued 2024-05-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23951
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh peningkatan pembelajaran menggunakan model problem based learning terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur teks fabel oleh siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia tahun pembelajaran 2023/2024. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 120 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat perbedaan hasil dari penerapan model pembelajaran yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas VII-1 terpilih menjadi kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dan kelas VII-4 terpilih menjadi kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem based learning. Berdasarkan dari analisis data dapat diketahui bahwa kemampuan siswa mengidentifikasi struktur fabel menggunakan model pembelajaran problem based learning memperoleh nilai rata-rata 81,86 yang termasuk pada kategori baik dan kemampuan siswa mengidentifikasi struktur fabel menggunakan model konvensional atau ceramah memperoleh nilai rata-rata 56 yang termasuk pada kategori cukup. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh β€œt” pada taraf signifikan = 0,05 maka diperoleh nilai 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitul 15,286 > 1,671. Hal ini berarti kemampuan mengidentifikasi struktur fabel menggunakan model problem based learning lebih efektif dibandingkan menggunakan model konvensional oleh siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan mengidentifikasi struktur fabel oleh siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia tahun pembelajaran 2023/2024. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan terbukti kebenarannya dan diterima. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Problem Based Learning en_US
dc.subject Mengidentifikasi en_US
dc.subject Struktur Fabel en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Fabel oleh Siswa Kelas VII SMP PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account