dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh peningkatan
pembelajaran menggunakan model problem based learning terhadap kemampuan
mengidentifikasi struktur teks fabel oleh siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia
tahun pembelajaran 2023/2024. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 120
siswa yang terdiri dari 4 kelas. Penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian
yang dilakukan untuk melihat perbedaan hasil dari penerapan model pembelajaran
yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas VII-1 terpilih
menjadi kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dan kelas VII-4
terpilih menjadi kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran problem
based learning. Berdasarkan dari analisis data dapat diketahui bahwa kemampuan
siswa mengidentifikasi struktur fabel menggunakan model pembelajaran problem
based learning memperoleh nilai rata-rata 81,86 yang termasuk pada kategori baik
dan kemampuan siswa mengidentifikasi struktur fabel menggunakan model
konvensional atau ceramah memperoleh nilai rata-rata 56 yang termasuk pada
kategori cukup. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh βtβ pada taraf signifikan = 0,05
maka diperoleh nilai 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitul 15,286 > 1,671. Hal ini berarti
kemampuan mengidentifikasi struktur fabel menggunakan model problem based
learning lebih efektif dibandingkan menggunakan model konvensional oleh siswa
kelas VII SMP PAB 2 Helvetia. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan
mengidentifikasi struktur fabel oleh siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia
tahun pembelajaran 2023/2024. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha)
dinyatakan terbukti kebenarannya dan diterima. |
en_US |