dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran
Pendidikan kewarganegraan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 03 Medan T/P 2016/2017.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 03 Medan dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery
Learning.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 03 Medan JLN ABD HAKIM
PASAR 1 NO 2 TJ.SARI MEDAN. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VII SMP Muhammadiyah 03 Medan yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 160 orang. Dan yang
menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-C REG sebagai kelas penelitian
Deskriptif kuantitatif yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
untuk mengukur hasil belajar siswa dalam bentuk tes yaitu soal esay sebanyak 10 butir soal,
dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas,dan
uji hipotesisnya. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas Deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan model discovery learning. Hipotesis penelitian ini diuji
dengan menggunkan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai t hitung sebesar
7,162 dengan t tabel 2,024 .berarti hipotesis alternatif diterima Ha dan tolak Ho. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar pendidikan
kewarganegaraan siswa yang diajar dengan menggunkan model discovery learning pada
materi Norma di kelas VII SMP Muhammadiyah 03 Medan T.P 2016/2017. |
en_US |