dc.description.abstract |
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja
Peserta Didik berbasis pendekatan saintifik yang layak di gunakan. Penelitian
pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model 4D, yaitu
define, design, develop, dan disseminate. Namun dimodifikasi menjadi 3D yaitu
define, design, develop.Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan
permasalahan. Tahap design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran
berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, Tahap develop
dilakukan dengan validasi instrumen kepada validator ahli, uji coba, hasil belajar
dan respon siswa. Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkan Lembar Kerja Peserta
Didik berbasis pendekatan saintifikyang layak digunakan di SMP Muhammadiyah
47 Sunggal pada materi bilanganberpangkat dan bentuk akar, berdasarkan hasil
penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik didapat presentase sebesar
95,23% katagori Sangat layak dan RPP didapat dengan presentase sebesar 95,83%
kategori sangat layak. |
en_US |