dc.description.abstract |
Dalam proses belajar mengajar motivasi sangat besar peranannya terhadap
prestasi belajar, dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar siswa.
Motivasi dan dukungan dari orang tua sangat penting bagi anak-anaknya dalam
proses belajarnya. Karena biasanya anak-anak yang dalam belajarnya
mendapatkan motivasi dari orang tuanya akan lebih rajin dan serius dibandingkan
dengan anak yang kurang mendapatkan motivasi dari orang tuanya. Permasalahan
yang dikaji dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh yang berarti antara
motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar Akuntansi kelas X di SMK
Swasta Jambi Medan Tahun Pelajaran 2023/2024 Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X di SMK Swata Jambi Medan Tahun Pelajaran 2023/2024
yang berjumlah 31 siswa. Karna siswa kurang dari 100, maka semua siswa
dijadikan sampel. Ada 3 (tiga) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1)
motivasi , 2) minat belajar, dan 3) hasil belajar Akuntansi dasar. Alat
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket,
dokumentasi, . Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis regresi linier
multipel. Terdapat pengaruh yang berarti antara motivasi dan minat belajar
dengan hasil belaja Akuntansi dasar siswa. Uji hipotesi untuk variable motivasi
diperoleh thit =0,0912151 dan pada taraf signifikan 5% dengan koefisien korelasi
ry12 = 398595 ttab = 0,655 dengan demikian thit ≥ ttab. Besarnya pengaruh
motivasi terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar sebesar 0,1096867. Untuk
variabel minat belajar diperoleh thit =0,550088dan ttab =19, 5 pada taraf
signifikan 5% dengan koefisien korelasi ry12 = 182384 dengan demikian thit ≥
ttab. Besarnya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar
sebesar 0,1096867. Untuk variabel motivasi, minat belajar dan hasil belajar
Akuntansi Dasar diperoleh Fhit = 0,00335325 ,Ftab = 19,5 pada taraf signifikan
5% |
en_US |