Research Repository

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN METODE NEWMAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI KELAS X SMK YPK MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author GULE, AZIZAH
dc.date.accessioned 2023-11-28T01:37:22Z
dc.date.available 2023-11-28T01:37:22Z
dc.date.issued 2023-11-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23228
dc.description.abstract Siswa SMK YPK Medan mengalami kesulitan terhadap penguasaan materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Peranan guru sangat penting dalam menentukan metode yang sesuai dalam sebuah pembelajaran. Guru diharuskan untuk mengerti karakteristik siswa yang disebut dengan gaya kognitif. Gaya kognitif terdiri dari dua macam yaitu Gaya Kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan seberapa besar kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) berdasarkan metode Newman ditinjau dari gaya kognitif siswa. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X-TKJ Tahun Pelajaran 2022/2023 kemudian diambil 4 sebagai subjek wawancara untuk tindakan penelitian lebih lanjut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes dan wawancara. Instrumen tes terdiri dari dua yaitu tes GEFT (Group Embbeded Figure Test) untuk mengukur gaya kognitif siswa Field Independnet (FI) atau Field Dependent (FD) dan tes soal cerita materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) sebanyak 3 soal uraian. Sedangkan wawancara untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam secara langsung dari subjek serta konfirmasi jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya kognitif Field Independnet (FI) cenderung melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses (Process Skill) dan jawaban akhir (Endcoding). Sedangkan siswa dengan gaya Kognitif Field Dependent (FD) cenderung melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah (Comprehension), tahap transformasi masalaah (Transformation), tahap keterampilan Proses dan jawaban akhir (Endcoding). Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dnegan gaya kognitif Field Independnet (FI) adalah kurang teliti dalam melakukan perhitungan, tidak terbiasa menuliskan secara lengkap setiap tahap penyelesaian, dan terburu-buru dalam mengerjakan soal. Sedangkan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) adalah kurang teliti dalam melakukan perhitungan, tidak memahami soal dengan baik, tidak menguasai materi, tidak terbiasa menuliskan menuliskan secara lengkap dan tidak dapat mengelola waktu dalam pengerjaan soal. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Analisis Kesalahan en_US
dc.subject Metode Newman en_US
dc.title ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN METODE NEWMAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI KELAS X SMK YPK MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account