Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Show simple item record

dc.contributor.author DINI, ARIANTI
dc.date.accessioned 2023-11-27T05:59:04Z
dc.date.available 2023-11-27T05:59:04Z
dc.date.issued 2023-08-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23162
dc.description.abstract Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Esteem Siswa dalam Pembelajaran Mtematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta PAB 9 Klambir Lima dan sampel penelitian ini adalah kelas VII-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan angket Self-Esteem dan tes Komunikasi Matematis Siswa. Data yang diperoleh menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini bahwa uji hipotesis mendapatkan nilai 8,926992586 ini artinya > 2,00172 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-esteem siswa dalam pembelajaran matematika dan pengaruh sebesar 22,5815%. en_US
dc.subject Kemampuan Komunikasi Matematis en_US
dc.subject Kooperatif Jigsaw en_US
dc.subject Self Esteem en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account