dc.description.abstract |
Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya Kemampuan
Komunikasi Matematis Siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap
Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Esteem Siswa dalam
Pembelajaran Mtematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta PAB 9
Klambir Lima dan sampel penelitian ini adalah kelas VII-3 sebagai kelas kontrol
yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan
angket Self-Esteem dan tes Komunikasi Matematis Siswa. Data yang diperoleh
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian
ini bahwa uji hipotesis mendapatkan nilai 8,926992586 ini artinya > 2,00172
dapat disimpulkan bahwa
H0
ditolak dan
Ha
diterima sehingga disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Jigsaw terhadap
kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-esteem siswa dalam
pembelajaran matematika dan pengaruh sebesar 22,5815%. |
en_US |