dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode fishbowl berbantuan media
audio visual terhadap kemampuan menganalisis teks negosiasi oleh siswa kelas X
SMK Tritech Medan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis metode penelitian ini
adalah kuantitaif dengan tipe eksperimen. Penelitian ini menggunakan tipe post test only control design. Populasi dalam penelitain ini adalah seluruh kelas X
sebanyak 12 kelas yang berjumlah 272. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas
yaitu kelas X Mex sebagai kelas ekperimen dan kelas X MR 1 sebagai kelas
kontrol yang menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan
adalah tes esai yang berisi 2 soal yaitu menganalisis Struktur dan kaidah
kebahasaan teks negosiasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan
menganalisis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMK Tritech Medan tahun
pelajaran 2022/2023 dengan metode fishbowl berbantuan media audiovisual
berada pada kategori sangat baik karena memperoleh rata-rata 80,75 sedangkan,
kemampuan menganalisis teks negosiasi dengan metode konvensional berada
pada kategori kurang baik karena memperoleh rata-rata 60,23. Berdaarkan hasil
uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan thitung dengan ttabel telah
diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,75 > 2,0167, maka dapat di simpulkan bawah ada
pengaruh metode fishbowl berbantuan media audiovisual terhadap kemampuan
menganalisis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMK Tritech Medan tahun
pelajaran 2022/2023. |
en_US |