dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan CD pembelajaran matematika
sebagai sumber belajar mandiri siswa pada materi relasi dan fungsi .Penelitian
dilaksanakan di SMP Swasta Asuhan Jaya Medan. Subjek dalam penelitian ini
adalah kelas VIIIA. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model
pengembangan ADDIE, yaitu: (1) analysis, meliputi analisis kinerja dan analisis
kebutuhan; (2) design, meliputi penyusunan materi dan RPP; (3) development,
dilakukan pengembangan CD pembelajaran matematika, setelah dikembangkan
CD pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli untuk diuji kelayakan dan revisi
produk; (4) implementation, dilakukan pada uji coba lapangan terbatas
(eksperimen) untuk mendapatkan kelayakan dan keefektifan. Hasil penilaian
melalui instrumen angket yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi,
memperoleh persentase rata-rata 3,47, 3,4. Data tersebut menunjukkan bahwa CD
pembelajaran yang dikembangkan bersifat layak dan tidak perlu direvisi, namun
perlu ditindak lanjuti mengenai komentar dan saran guna menyempurnakan
produk,dan hasil uji pelaksanaan lapangan dengan siswa mendapatkan skor 80%
dengan kategori sangat baik. Maka dari itu dapat disimpulkan CD pembelajaran
matematika yang dihasilkan telah dinyatakan “Layak sebagai media pembelajaran
sebagai sumber belajar mandiri siswa |
en_US |