Research Repository

DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI SCRATCH DI TINGKAT SMP

Show simple item record

dc.contributor.author HALIZA, NUR
dc.date.accessioned 2023-11-25T01:30:53Z
dc.date.available 2023-11-25T01:30:53Z
dc.date.issued 2023-11-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22843
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran matematika berbasis aplikasi Scratch di Tingkat SMP khususnya kelas VII. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kelayakan suatu media pembelajaran berbasis aplikasi Scratch, serta melihat respon para peserta didik terhadap ketertarikan pada media yang sudah didesain. Penelitian ini menggunakan model MDLC (Metode Development Life Cycle) versi Luther melalui 6 tahap yaitu Konsep (Concept), Perancangan (Desain), Pengumpulan bahan materi (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing), Distribusi (Distribution). Teknik pengambilan data yang digunakan dengan membagikan lembar angket. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi Scratch dengan materi perbandingan yang di dalam media tersebut terdapat audio, teks, dan gambar. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh 2 orang dosen matematika dan guru kelas VII memperoleh nilai sebesar 95 % oleh ahli media menyatakan sangat valid, 95% oleh ahli materi menyatakan sangat valid, dan 95% hasil respon peserta didik menyatakan sangat baik. Dengan demikian media yang sudah didesain oleh peneliti berbasis aplikasi Scratch ini layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika. en_US
dc.subject Aplikasi Scratch, Desain, MDLC en_US
dc.title DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI SCRATCH DI TINGKAT SMP en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account