dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca dengan
kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Primbana Medan tahun pembelajaran
2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Primbana Medan Johor dengan populasi
seluruh kelas X berjumlah 144 siswa dan pengambilan sampel dengan random sampling
yaitu X-2 berjumlah 30 siswa. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif
dengan analisis korelasional. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam
penelitian ini ada dua tes. Hasil dari penelitian diperoleh nilai dari kemampuan membaca
siswa kelas X dengan rata-rata 75,6 maka variabel X dengan kategori baik. Siswa
memperoleh nilai 80-100 sebanyak 20 orang (0,66%), nilai 70-79 sebanyak 4 orang
(0,13%), nilai 60-69 sebanyak 3 orang (0,1%), dan 0-49 sebanyak 3 orang (0,1%) dan
nilai dari kemampuan menulis puisi yaitu memperoleh rata-rata 75,2 maka variabel Y
dengan kategori baik. Siswa memperoleh nilai 80-100 sebanyak 13 orang (0,43%), nilai
70-79 sebanyak 7 orang (0,23%), nilai 60-69 sebanyak 4 orang (0,13%), nilai 50-59
sebanyak 5 orang (0,16%) dan 0-49 sebanyak 1 orang (0,03%). Berdasarkan hasil uji
hipotesis diperoleh rhitung antara kemampuan membaca dengan kemampuan menulis puisi
adalah 0,77. Maka harga rtabel pada taraf signifikasi 5% dan ketentuan rtabel dengan rumus
df = n – 2 = 30-2= 28 maka diperoleh 0,374. Dapat diketahui bahwa rhitung yang diperoleh dari rtabel (0,77>0,374). Dengan demikian nilai rhitung yang diperoleh signifikan. Artinya Ho ditolak sedangkan Ha dinyatakan diterima dengan begitu terdapat hubungan yang positif antara kemampuan membaca dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Primbana Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
en_US |