dc.description.abstract |
Dunia pendidikan digunakan untuk dapat mempermudah pengajaran terhadap
pendidik dan lebih mudah dipahami peserta didik. Tetapi belum semua pendidik
mampu mengembangkan media pembelajaran. Mengajar matematika melalui
perspektif etnomatematika membantu siswa untuk mengetahui lebih banyak
tentang hal nyata, budaya, dan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk : (1)
menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk e-comic berbasis etnomatematika
Istana Maimun menggunakan canva pada materi bangun ruang, (2) Untuk
mengetahui peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP
Swasta PAB 3 Saentis. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini
yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define
(pendefinisan), design (perancangan), development (pengembangan), dan
disseminate (penyebaran). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa
e-comic berbasis Etnomatematika Istana Maimun pada materi bangun ruang di
SMP Swasta PAB 3 Saentis. Berdasarkan hasil validasi terhadap media
pembelajaran rata-rata hasil validator ahli media diperoleh 87,05%, hasil validasi
ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 84,00%. Berdasarkan respon siswa diperoleh
rata-rata sebesar 89,06%. Penilaian literasi numerasi siswa tidak menggunakan
media pembelajaran e-comic berbasis etnomatematika Istana Maimun dengan hasil
33,75% maka termasuk dalam kriteria rendah, penilaian literasi numerasi
menggunakan media pembelajaran e-comic berbasis etnomatematika Istana
Maimun dengan hasil 87,08%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran e-comic berbasis etnomatematika Istana Maimun telah
dinyatakan sangat valid dan praktis serta dapat meningkatkan literasi numerasi
siswa di SMP Swasta PAB 3 Saentis |
en_US |