dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media canva
terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X di SMKN 1 Kuta
Cane Tahun Pembelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini di sekolah SMKN 1
Kuta Cane. Populasi penelitian ini berjumlah 313 siswa yang tersebar atas 9 kelas.
Sampel yang digunakan dalam peneliian ini yaitu Random Sampling yang
dilakukan dalam sistem acak kelas dan dimana sampel yang digunakan dalam
penelitian ini berjumlah 68 siswa yang tersebar atas 2 kelas. Sebagai sampel
penelitian yaitu kelas X TKJ 1 berjumlah 34 siswa yang ditetapkan sebagai kelas
eksperimen menggunakan media canva dan kelas X TKJ 2 berjumlah 34 siswa yang
ditetapkan sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media canva.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan
alat pengumpulan data berupa tes, yaitu tes menulis teks negosiasi. Pada nilai
kemampuan menulis teks negosiasi menggunakan media canva diperoleh mean
89,05 dan SD 4,11. Pada nilai kemampuan menulis teks negosiasi tanpa
menggunakan media canva diperoleh mean 61,02 dan SD 3,72. Hasil analisis data
media canva dengan tanpa media canva dilakukan dengan menggunakan uji
hipotesis atau uji-t. Hasil pengujian pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel
yaitu 7,47 > 1,895 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya media canva
berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas
X di SMKN 1 Kuta Cane Tahun Pembelajaran 2022/2023. Dari hasil persentase
nilai akhir menggunakan media canva juga berpengaruh dibandingkan tanpa
menggunakan media canva yaitu perolehan 76,46% menggunakan media canva dan
sedangkan perolehan 47,05% tanpa media canva. |
en_US |