Research Repository

PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X DI SMKN 1 KUTA CANE TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author Aini, Dira Mulia
dc.date.accessioned 2023-11-22T08:27:55Z
dc.date.available 2023-11-22T08:27:55Z
dc.date.issued 2023-11-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22505
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media canva terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X di SMKN 1 Kuta Cane Tahun Pembelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini di sekolah SMKN 1 Kuta Cane. Populasi penelitian ini berjumlah 313 siswa yang tersebar atas 9 kelas. Sampel yang digunakan dalam peneliian ini yaitu Random Sampling yang dilakukan dalam sistem acak kelas dan dimana sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa yang tersebar atas 2 kelas. Sebagai sampel penelitian yaitu kelas X TKJ 1 berjumlah 34 siswa yang ditetapkan sebagai kelas eksperimen menggunakan media canva dan kelas X TKJ 2 berjumlah 34 siswa yang ditetapkan sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media canva. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan alat pengumpulan data berupa tes, yaitu tes menulis teks negosiasi. Pada nilai kemampuan menulis teks negosiasi menggunakan media canva diperoleh mean 89,05 dan SD 4,11. Pada nilai kemampuan menulis teks negosiasi tanpa menggunakan media canva diperoleh mean 61,02 dan SD 3,72. Hasil analisis data media canva dengan tanpa media canva dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis atau uji-t. Hasil pengujian pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,47 > 1,895 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya media canva berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X di SMKN 1 Kuta Cane Tahun Pembelajaran 2022/2023. Dari hasil persentase nilai akhir menggunakan media canva juga berpengaruh dibandingkan tanpa menggunakan media canva yaitu perolehan 76,46% menggunakan media canva dan sedangkan perolehan 47,05% tanpa media canva. en_US
dc.subject mengetahui pengaruh media canva en_US
dc.subject h metode eksperimen dan alat pengumpulan data berupa tes en_US
dc.title PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X DI SMKN 1 KUTA CANE TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account