dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai karakter
dalam pembelajaran pendidikan pencasila dan kewarganegaraan yang meliputi
perencanaan pelaksanaan penilaian, dan hambatan atau kendala yang dihadapi serta
solusi yang diupayakan dalam pembelajaran yang berlangsung di SMP ALWashliyah
30
Medan.
Jenis
penelitian
ini
merupakan
penelitian
kualitatif
dengan
desain
penelitian studi kasus. Pelaksanaan penelitian di SMP AL-Washliyah 30
Medan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara (Interview)
observasi dan dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan Analisa model
menggunakan triagulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai
karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa smp kelas
VIII T.P. 2022/2023 dilaksanakan dengan mempersiapkan rencana pembelajaran
berupa RPP, yang mencantumkan nilai-nilai karakter yang hendak
dicapai,mempersiapkan media dan sumber pembelajaran, melaksanakan model
pembelajaran yang interaktif,inovatif mengadakan penilaian/evaluasi yang meliputi
sikap, dengan menggunakan skala sikap yang melalui proses belajar mengajar
dikelas maupun diluar kelas dalam ekstra kurikuler atau kegiatan-kegiatan yang
lainnya berupa tahfiz AL-Qur’an yang dilaksanakan pada setiap sabtu, sedangkan
penilaian kognitif dilaksanakan melalui ulangan atau quiz. Sementara hambatan
atau kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai karakter melalui mata
pelajaran pendidikan kewarganegaraan diantara sikap karakter malas sebagian kecil
siswa, pengaruh negatif siswa atau bolos dalam kegiatan pembelajaran yang
berlangsung,mengikuti kegiatan ekstra kulikuler yang dimana pribadi atau karakter
siswa akan terbentuk dengan disiplin,patuh, serta tanggung jawab, berakhlak
memberikan hadiah untuk berprestasi siswa agar semangat dalam proses
pembelajaran berlangsung dan hukuman bagi siswa yang melanggaran tata tertib
sekolah, serta guru dalam mengganti metode pembelajaran yang aktif dan inovatif
didalam kelas ataupun diluar kelas. |
en_US |