Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI OLEH SISWA KELAS X SMKN 1 KUTACANE TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author SELIAN, AQILAH
dc.date.accessioned 2023-11-22T05:07:01Z
dc.date.available 2023-11-22T05:07:01Z
dc.date.issued 2023-11-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22481
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023 berjumlah 306 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas X TKJ 1 yang berjumlah 27 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023 sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning termasuk dalam kategori cukup dengan nilai ratarata 57,18. Sementara itu, kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023 sesudah menggunakan model paembelajaran project based learning termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 83,33. Uji normalitas menggunakan uji Lillifors menghasilkan daftar populasi berdistribusi normal pada kedua data pretest dan posttest. Nilai 𝐿β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 0,11 > 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 0,300 pada data pretest dan nilai 𝐿β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 0,04 > 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 0,319 pada data posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data posttest berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh 𝐹β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔< 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 atau 0,98 < 1,90 sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari kelompok yang homogen. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji β€œt” diperoleh nilai 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada taraf signifikan Ξ± = 0,05 didapat 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,056. Karena 𝑡β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 8,52 > 2,056. sehingga 𝐻𝑎 dinyatakan terbukti diterima., maka terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject pembelajaran project based learning en_US
dc.subject kemampuan menulis teks negosiasi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI OLEH SISWA KELAS X SMKN 1 KUTACANE TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account