Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/22481
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI OLEH SISWA KELAS X SMKN 1 KUTACANE TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Authors: SELIAN, AQILAH
Keywords: pembelajaran project based learning;kemampuan menulis teks negosiasi
Issue Date: 22-Nov-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023 berjumlah 306 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas X TKJ 1 yang berjumlah 27 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023 sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning termasuk dalam kategori cukup dengan nilai ratarata 57,18. Sementara itu, kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023 sesudah menggunakan model paembelajaran project based learning termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 83,33. Uji normalitas menggunakan uji Lillifors menghasilkan daftar populasi berdistribusi normal pada kedua data pretest dan posttest. Nilai 𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 0,11 > 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 0,300 pada data pretest dan nilai 𝐿ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 0,04 > 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 0,319 pada data posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data posttest berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh 𝐹ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔< 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 atau 0,98 < 1,90 sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari kelompok yang homogen. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji “t” diperoleh nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada taraf signifikan α = 0,05 didapat 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,056. Karena 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 8,52 > 2,056. sehingga 𝐻𝑎 dinyatakan terbukti diterima., maka terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22481
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AQILAH SELIAN.pdfFull Text2.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.