dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project
based learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMKN
1 Kutacane Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023 berjumlah 306 siswa. Sampel
penelitian ini adalah siswa dari kelas X TKJ 1 yang berjumlah 27 siswa. Metode
penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest
posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan
model. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas
X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023 sebelum menggunakan model
pembelajaran project based learning termasuk dalam kategori cukup dengan nilai ratarata
57,18.
Sementara
itu,
kemampuan
menulis
teks
negosiasi
oleh
siswa
kelas
X
SMKN
1
Kutacane
tahun
pembelajaran
2022/2023
sesudah
menggunakan
model
paembelajaran
project
based
learning
termasuk
dalam
kategori
baik
dengan
nilai
rata-rata
83,33.
Uji
normalitas
menggunakan
uji
Lillifors
menghasilkan
daftar
populasi
berdistribusi
normal
pada
kedua
data
pretest
dan
posttest.
Nilai
𝐿β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔
sebesar
0,11
>
𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
sebesar 0,300
pada data pretest dan nilai 𝐿β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 0,04 > 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 0,319 pada data posttest.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data posttest berasal dari populasi yang
berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh 𝐹β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔<
𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 atau 0,98 < 1,90 sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari kelompok
yang homogen. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji βtβ diperoleh nilai 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>
𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada taraf signifikan Ξ± = 0,05 didapat 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,056. Karena 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔> 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu
8,52 > 2,056. sehingga 𝐻𝑎 dinyatakan terbukti diterima., maka terdapat pengaruh model
pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh
siswa kelas X SMKN 1 Kutacane tahun pembelajaran 2022/2023. |
en_US |