dc.contributor.author |
FITRIANI, PUTRI DWI |
|
dc.date.accessioned |
2023-11-22T02:41:36Z |
|
dc.date.available |
2023-11-22T02:41:36Z |
|
dc.date.issued |
2023-11-22 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22438 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan Media Pembelajaran
Powerpoint Berbasis Canva Menggunakan Model Microblogging Untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Yaspen YWKA Medan T.A.
2022/2023. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan cara
membuat PowerPoint dari aplikasi Canva dengan menggunakan model
Microblogging. Selanjutnya yaitu, untuk mengetahui kelayakan media
pembelajaran PowerPoint berbasis Canva, serta mengetahui respon peserta didik
terhadap media pembelajran PowerPoint berbasis Canva. Model yang digunakan
yaitu model pengembangan 4D dari Thiagarajan dengan empat tahapan yaitu:
Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan),
Disseminate (Penyebarluasan). Hasil Video Pembelajaran yang diembangkan
merupakan criteria Valid dan layak digunakan berdasarkan penilaian dari Ahli
Media, dan Ahli Materi. Hasil validasi presentasi rata-rata penilaian oleh parah
ahli media yaitu 90% dengan kreteria “Sangat Valid”, hasil nilai oleh validasi ahli
materi yaitu 86% dengan kreteria “Sangat Valid”. Respon peserta didik SMP
Swasta YWKA Medan pada uji coba angket memperoleh hasil 87%dengan
kreteria sangat baik. Sehingga dinyatakan sangat layak sebagai media
pembelajaran. |
en_US |
dc.subject |
PowerPoint, Canva, Microblogging, Media Pembelajaran, Matematika. |
en_US |
dc.title |
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT BERBASIS CANVA MENGGUNAKAN MODEL MICROBLOGGING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP YASPEN YWKA MEDAN T.A. 2022/2023 |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |