dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn concept
sentence terhadap kemampuan menulis surat pribadi oleh Siswa kelas VII SMP
Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2022-2023. Populasi adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Budisatrya Medan yang berjumlah 60 siswa. Sedangkan sampel
diambil sebanyak dua kelas, yaitu 30 siswa sebagai kelas kontrol yang
menggunakan model konvesional dan 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen
yang menggunakan model pembelajaran concept sentence. Berdasarkan kerangka
teoretis dan kerangka konseptual dapat dirumuskan bahwa dalam penelitian
adalah “Ada pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence terhadap
Kemampuan Menulis Surat Pribadi”. Pelaksanaan penelitian ini peneliti
menggunakan metode eksperimen yaiu penelitian yang dilakukan untuk melihat
ada pengaruh hasil akibat adanya perbedaan perlakuan yang diberikan. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan uji-t Independent Sample T-Test.Berdasarkan hasil analisis uji
statistik penelitian ini telah menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata
perbedaan antara post tes kelas kontrol dengan rata-rata 74,40 (sebelum diberikan
treatment) dengan nilai post tes eksperimen dengan rata-rata 79,97 (sesudah
diberikan treatment) yaitu Asym.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000
lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima”
artinya ada perbedaan dari sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran
concept sentence dalam kegiatan menulis surat pribadi oleh siswa SMP
Budisatrya Medan |
en_US |