dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi minat
UMKM menggunakan produk bank syariah di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif. Sumber data yang diperoleh penelitian ini diperoleh dari jawaban
responden penelitian yaitu para pelaku UMKM yang menggunakan produk bank syariah.
Populasi yang digunakan merupakan pelaku UMKM dengan jumlah sampel sebanyak 44
responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan (X1)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat UMKM (Y) dengan nilai
signifikan 0,001 > 0,05 dan nilai t hitung 3,464 > t tabel 2,019, variabel Kesadaran (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat UMKM (Y) dengan nilai
signifikan 0,021 < 0,05 dan nilai t hitung 2,399 > t tabel 2,019, uji secara simultan pada
variabel Pengetahuan (X1) dan variabel Kesadaran (X2) menyatakan bahwa ada pengaruh
signifikan secara Bersama – sama terhadap Minat UMKM menggunakanproduk Bank
syariah (Y) dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai f hitung 128.103 > f tabel 3,22.
Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi 𝑅2 sebesar 0,862 atau 86,2% yang artinya
variabel pengaruh minat dapat dijelaskan dengan adanya variabel pengetahuan dan
kesadaran senilai 86,2% dengan sisanya13,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
terdapat pada penelitian ini. |
en_US |