dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran digital marketing
dalam menghasilkan pendapatan UMKM di Kota Medan dalam perspektif
ekonomi syariah. Metodologi kualitatif diterapkan dalam penelitian ini.
Pemanfaatan teknologi khususnya pemasaran digital yang digunakan oleh UMKM
di Kota Medan telah berkembang secara signifikan. Sesuai temuan penelitian yang
dilakukan terhadap banyak UMKM di Kota Medan, antara lain UMKM sektor
makanan dan minuman dengan nama usaha Ersyahta Dimsum, Warung Se7
Hasan, dan UMKM sektor kerajinan tangan dengan nama usaha Mafaza Gift.
Ketiga pelaku perusahaan tersebut meyakini bahwa digital marketing dapat
meningkatkan penjualan sehingga meningkatkan pendapatan/keuntungan, serta
dapat menjangkau dan memudahkan pembeli memperoleh informasi yang
diberikan di media sosial. Tantangan yang dihadapi ketiga pelaku UMKM dalam
menerapkan pemasaran digital berasal dari komponen pemasaran seperti produk,
harga, orang, tempat, dan promosi. Sedangkan manfaat penerapan digital
marketing adalah nama dan produk ketiga bisnis tersebut menjadi lebih dikenal
secara umum sehingga menghasilkan peningkatan jumlah uang bisnis yang
dihasilkan. Ketiga pelaku UMKM tersebut telah melakukan proses pemasaran
sesuai dengan ajaran Islam, yaitu menghindari larangan riba, maisir, gharar, dan
penjualan produk haram dalam operasional perusahaannya. Sebagai hasil dari
penerapan ini, kepercayaan konsumen terhadap bisnis mungkin meningkat. |
en_US |