dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:Apakah ada pengaruh Metode
pembelajaran Penemuan Terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas X Muhammadiyah 1 Medan T.P 2019-2020. Tujuan penelitian
ini adalah : (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh Metode penemuan
terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas X
Muhammadiyah 1 Medan T.P 2019-2020 .Populasi Dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan tahun pelajaran 2019-2020 yang
terdiri dari dua kelas dengan jumlah seluruhnya 68 siswa.Teknik pengumpulan
data menggunakan tes yaitu tes awal (Pre-test) dan tes akhir (posttest).Teknik
analisis data mengumpulkan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas)
dan uji hipotesis.Dan hasil penelitian menggunakan uji hipotesis yang
menggunakan uji-t diperoleh harga thitung(10,867) setelah dibandingkan dengan
ttabel(1.996564).Ternyata thitung(10,867)>ttabel (1,996564) sehingga Ha diterima dan
H0 ditolak.Hal ini berarti ada pengaruh antara metode pembelajaran Penemuan
Terbimbing (Guided Discovery) terhadap hasil belajar matematika pada siswa
kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan 2019-2020. Hal ini berarti ada pengaruh
antara metode penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika pada siswa
kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan T.P 2019/2020 dengan pengaruh sebesar
12,25%. |
en_US |