Research Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Estafet Pelangi Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Salsabilla, Nurul Aini
dc.date.accessioned 2023-11-14T13:55:32Z
dc.date.available 2023-11-14T13:55:32Z
dc.date.issued 2023-08-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21949
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika yang berfokus pada materi bangun ruang sisi datar di Tingkat SMP kelas VIII. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pegembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika pada materi bangun ruang sisi datar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa di tingkat SMP kelas VIII. Selain itu untuk mengetahui suatu kelayakan dan kemenarikan pada lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika pada materi bangun ruang sisi datar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap ketertarikan pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika pada materi bangun ruang sisi datar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa di tingkat SMP kelas VIII. Adapun model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari Research and information collecting (penelitian dan pengumpulan data), Planning (perencanaan), Develop preliminary form of product (pengembangan produk), Preliminary field testing (uji coba terbatas), Main product revision (revisi produk). Pada tahap Preliminary field testing (uji coba terbatas) peneliti membatasi uji coba dalam skala kecil dengan jumlah 10 peserta didik dalam satu kelas eksperimen. Hasil dari penelitian ini memperoleh nilai sebesar 96,36% ahli materi menyatakan sangat valid, 95,45% ahli media menyatakan sangat valid, antara 90%-98% dengan kriteria sangat valid dan valid peserta didik menyatakan tertarik yang berarti pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis model pembelajaran estafet pelangi matematika pada materi bangun ruang sisi datar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa layak dijadikan bahan ajar atau media pembelajaran. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Lembar Kerja Peserta Didik en_US
dc.subject Model Pembelajaran Estafet Pelangi Matematika en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematik en_US
dc.title Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Estafet Pelangi Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account