Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Memahami Materi Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 12 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Fadia, Athira
dc.date.accessioned 2023-11-14T11:10:56Z
dc.date.available 2023-11-14T11:10:56Z
dc.date.issued 2023-08-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21938
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Masalah yang sering didapatkan di sekolah dasar adalah guru masih menggunakan model konvensional sehingga siswa merasa bosan dan tidak bergairah untuk belajar. Penggunaan model akan membuat siswa lebih tertarik memerhatikan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu model yang baik digunakan dalam pembelajaran matematika yaitu Guided Discovery Learning yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dan membantu siswa dalam menemukan pengetahuan yang baru, dengan model penenemuan terbimbing ini, diharapkan dapat mengubah gaya belajar siswa, sehingga siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Guided Discovery Learning di sekolah dasar, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Guided Discovery Learning sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan memahami materi pecahan. Jumlah populasi yaitu 40 siswa yang terdiri atas dua kelas yang dimana kelas eksperimen berjumlah 24 siswa. Dan kelas kontrol berjumlah 16 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik simple sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Data dikumpulkan dengan pemberian pretest, dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji validitas dan uji Reliabilitas dan uji hipotesis dengan analisis akhir menggunakan uji independent sample t test dengan sistem SPSS. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject guided discovery learning en_US
dc.subject pembelajaran en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Memahami Materi Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 12 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account