dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Medan dengan
mengimplementasikan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect,
Recite, Review)”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya
Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 1
Medan”. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI akuntansi SMK Negeri 1
Medan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI akutansi 4 di SMK Negeri 1
Medan yang berjumlah 34 orang dan objek penelitian ini adalah implementasi
strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite,
Review). Sebagai usaha untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar akutansi
siswa. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, untuk melihat
aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik
analisa data dengan menggunakan data kualitatif. Dari hasil analisa data
diperoleh hasil belajar pada data awal (prasiklus) siswa yang tuntas 6 orang
atau 17,65%. Data postes siklus I siswa yang tuntas 17 orang atau 50%.
Sedangkan postes siklus II 32 orang siswa yang tuntas atau 94,12%. Berarti
ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II
sebesar 44,12%. Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi
disimpulkan bahwa dengan implementasi strategi pembelajaran PQ4R
(Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada Kompetensi Dasar
mendeskripsikan syarat pembayaran, syarat penyerahan barang dan jurnal
khusus di kelas XI Akutansi di SMK Negeri 1 Medan tahun pembelajaran
2019/2020 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akutansi. Hal ini
berarti bahwa implementasi strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question,
Read, Reflect, Recite, Review) dapat digunakan sebagai alternatif dalam
pembelajaran akutansi |
en_US |