dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe think talk write terhadap aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri
101921 Beringin. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101921 Beringin,
dengan sample 30 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar matematika
siswa sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe think talk write memperoleh nilai rata-rata 62,67 dengan kategori
rendah. Kemampuan aktivitas belajar matematika setelah dilakukan model
pembelajaran kooperatif tipe think talk write memperoleh nilai rata-rata 85 dengan
kategori tinggi yang membuktikan pembelajaran menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat meningkatkan aktivitas belajar
matematika siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed)
sebesar 0,000. Nilai sig (2-tailed) yang diperoleh 0,05 sehingga Ha diterima dan
memiliki arti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think
talk write terhadap aktivitas belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 101921
Beringin |
en_US |