Research Repository

Perbandingan Metode Accelerated Learning dengan Metode Active Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika pada Materi Fungsi di SMP

Show simple item record

dc.contributor.author HUTABARAT, VINA RASIH BAIDAH
dc.date.accessioned 2023-11-04T05:41:26Z
dc.date.available 2023-11-04T05:41:26Z
dc.date.issued 2023-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21662
dc.description.abstract Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeahui perbandingan metode accelerated learning dengan metode active learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada materi fungsi SMP.Metode Accelerated Learniang adalah salah satu metode pembelajaran yang berpusat pada siswa, pada proses pembelajarannya siswa diajak untuk ikut terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Active learning dapat diartikan sebagai pembelajaran yang mengarah pada pengoptimalisasian yang melibatkan segi intelektual dan segi emosional siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil uji essay test kepada kedua sampel, diperoleh nilai rata - rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-1 sebelum diterapkan metode accelerated learning adalah 63,56 dan setelah diterapkan metode accelerated learning adalah 86,84 dengan kenaikan 23,28 . Nilai ratab - rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-3 sebelum diterapkan metode active learning 59,81 dan susah diterapkan metode active learning adalah 77,78 dengan kenaikan 17,97.Hasil perhitungan statistik deskriptif kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajar menggunakan Metode Accelerated Learning pada kelas VIII SMP N 1 Tukka berada pada kategori sedang. Hal ini berdasarkan hasil dari syarat pengkategorian dengan rata - rata nilai siswa adalah 86,84 sehingga menandakan bahwa metode tersebut layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran disekolah dengan tujuan agar dapat memacu keaktifan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa en_US
dc.title Perbandingan Metode Accelerated Learning dengan Metode Active Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika pada Materi Fungsi di SMP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account